Pages

Jumat, 14 Juni 2013

membersihkan file yangtidak terpakai di HP android


Sering kali kita mencoba berbagai aplikasi, setelah kita merasa bosan biasanya langsung kita uninstall, namun tahukah anda bahwa terkadang aplikasi yang ada uninstall tadi tidak sepenuhnya terhapus? Bisa anda bayangkan, anggap saja sebuah aplikasi meninggalkan satu file sampah, bagaimana jika anda sering uninstall aplikasi? Berapa banyak tumpukan sampah file yang ada? Dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara membersihkan android dari file yang tidak terpakai.

Pernahkah anda memeriksa file dan folder pada memori SD android anda? Ketika anda melakukan pengecekan pada memori android anda, Anda pasti sering menemukan folder dan file yang tidak terpakai yang berasal dari aplikasi yang sudah ter-uninstall. File yang muncul karena pemasangan suatu aplikasi tersebut sering pula mengganggu kenyamanan Android kita sehingga sering disebut file sampah. File sampah atau file yang tersisa setelah pemasangan suatu aplikasi. File tersebut biasanya berupa folder, laporan, file debug, ataupun log.



Berikut adalah tips bagaimana uninstall aplikasi dan membersihkan android anda dari file sampah 

1.Disarankan untuk klik clear data dan clear cache sebelum uninstall, dengan demikian maka akan meminimal data dan cache yang tertinggal setelah anda uninstall aplikasi
2.Lakukan pengecekan file, tentu saja anda hapal dimana folder aplikasi ketika anda install, beberapa dari aplikasi tersebut terkadang meninggalkan folder tersebut ketika anda uninstall, anda bisa delete secara manual dengan menggunakan file manager (namun perlu berhati-hati dan cermat, jangan sampai anda delete file yang masih penting).
3.Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu anda membersihkan. Beberapa aplikasi tersebut dapat anda jumpai di google play store. Salah satunya adalah SD Maid Pro yang merupakan aplikasi yang pembersih file sampah yang sudah disebutkan di atas. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kita bisa memilih file sampah apa saja yang ingin bersihkan setelah meng-install aplikasi ini. Jika ingin lebih mudah, Anda tinggal melakukan clean all dan SD Maid akan menyapu bersih file sampah di Android.
Aplikasi ini juga dilengkapi tool pencarian dan juga pengecekan terhadap aplikasi yang menyisakan file sampah tersebut. Kita bisa mengatur banyak pengaturan soal pembersihan file sampah tersebut di aplikasi ini. Sangat mudah dan berjalan smooth sehingga tidak mengganggu kinerja Android Anda.
Kekurangan aplikasi ini adalah hanya akan berjalan maksimal pada Android yang telah di-root. Namun jika Android Anda belum di-rooted, tak perlu khawatir. Aplikasi ini tetap bisa berjalan walaupun dengan fungsi pembersih file sampah yang standar.
Anda dapat mengunduh aplikasi SD Maid Pro dengan klik kedua gambar di bawah ini, yang pertama adalah aplikasi tersebut dan yang kedua adalah unlocker dari aplikasi tersebut (saya menyediakan ini agar anda dapat meng-update aplikasi anda secara otomatis dari play store).
Berikut adalah review dari SD Maid

Catatan:
walau tidak sebersih seperti android yang telah di reset, namun setidaknya bisa membantu membersihkan dan meminimalkan file sampah yang ada.
Jika ada mempunyai tips untuk membersihkan android, mari kita berbagi di blog maxiandroid ini dengan cara memberikan komentar. Mari kita berbagi bersama tentang android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar